Solusi Al-Qur’an Tentang PernikahanLintas Agama

Oleh : Moh. Ghufron cholid

Sebenarnya fenomena pro dan kontra pernikahan lintas agama bukanlah suatu hal yang baru bagi kita namun persoalan ini semakin menjadi heboh dan menggemparkan lantaran para pelaku yang mendakwahkan pernikahan ini adalah para selebritis kita yang mendapat dukungan dari kaum pemikir Islam Liberal.

Cara menyebarkannya pun sangat mudah mereka memakai media cetak atau pun media elektronika sehingga lebih mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Hal yang paling mudah dicerna, mengapa mereka senang melakukan pernikahan lintas agama adalah mereka menikah atas dasar cinta tanpa memperdulikan status agama yang dianut.

Memang sepintas, alasan tersebut sangat logis dan bisa dicerna oleh akal kita namun fenomena tersebut pun bisa menjadi tidak logis bila dihadapkan dengan status kita sebagai seorang manusia yang memiliki agama.

Mungkinkah kita akan mampu merasa bangga menghadap Tuhan kita dengan seorang istri/suami yang telah resmi menjadi pendamping hidup kendati berbeda keyakinan? Kalau kita masih merasa bangga, lantas dimanakah kita meletakkan otoritas Tuhan dalam pandangan hidup kita? Bukankah dengan atasan saja kita tidak berani mengangkat kepala terlebih setelah kita melanggar semua aturan yang diberikannya? Lalu, mungkinkah Tuhan tidak akan murka kepada kita?

Terlepas dari semua permasalahan di atas, ada baiknya jika kita melihat firman Allah dalam kitab suci al-Qur’an al-Baqoroh ayat 221 yang berbunyi,

وَلا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّى يُؤْمِنَّ وَلأمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ وَلا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّى يُؤْمِنُوا وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ أُولَئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mu’min lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu’min lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

Ayat di atas adalah solusi al-Qur’an agar kita tidak terlalu larut dalam memperdebatkan pernikahan lintas agama.

Sebenarnya ayat ini bersifat tawaran bagi kita dalam memilih pasangan hidup. Kita dibebaskan memilih siapa saja dan orang beragama apa saja untuk dijadikan istri/suami kita. Ayat ini pula berisi tiga pembahasan, yaitu:

Pertama, kita boleh menikah dengan wanita musyrik asalkan mereka mau beriman dengan kata lain mau masuk agama Islam.

Kedua, kita boleh menikah dengan pria musyrik asalkan mereka mau beriman.

Ketiga, kalau mereka tidak mau maka budak mu’min/muslim lebih baik daripada mereka sebab mereka mengajak kita ke neraka sedang Allah mengajak kita ke surga.

Demikianlah makalah singkat ini saya buat, semoga bermanfaat.

*Penulis adalah Mahasiswa semester IV, Fakultas/Jurusan, Dakwah (KPI).

2 Komentar

  1. stvn2328 said,

    Februari 5, 2009 pada 4:28 am


    trus inti dari bacaan ini apa?…
    kalau ada sepasang manusia saling mencintai trus..
    perempuan muslim,sedangkan laki2 nya kristiani?…

    perempuan yang harus ikut agama calon suaminya?..
    or sebaliknya?….!!!!!

  2. Februari 6, 2009 pada 2:15 am

    inti dari makalah ini adalah menerangkan bahwa menikah dengan beda agama di jaman sekarang ini tidak diperbolehkan selama salah satu pasangan tersebut belum masuk Islam. karena telah dijelaskan secara terperinci oleh al-Qur’an bahwa mereka mengajak ke neraka sedang Allah mengajak ke surga!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: